Cara Menjaga Kekebalan Tubuh dengan Olahan Makanan Sehat

In Tak Berkategori

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Saat tubuh sehat, segala sesuatu akan menjadi nikmat. Agar tetap sehat ada berbagai cara menjaga kekebalan tubuh yang dapat ditempuh. Salah satunya adalah mengkonsumsi olahan makanan sehat. Berbicara mengenai makanan, ada begitu banyak varian makanan sehat yang dapat Anda konsumsi setiap harinya. Penyajian olahan makanan sehat yang beragam akan menghindarkan rasa bosan yang mungkin melanda apabila hanya mengkonsumsi makanan yang itu-itu saja.

Manfaat Konsumsi Olahan Makanan Sehat

Buah aneka warna sebagai sumber serat dan vitamin (pexels.com)

Salah satu cara menjaga kekebalan tubuh yang utama adalah dengan mengkonsumsi olahan makanan sehat. Alasannya tentu saja karena makanan sehat memiliki berbagai manfaat seperti:

  • Sumber energi
  • Menjaga berat badan
  • Mengurangi resiko kanker, serangan jantung, dan stroke
  • Menjaga kadar gula darah agar tetap stabil
  • Menjaga kesehatan gigi dan tulang
  • Meningkatkan kemampuan memori
  • Membantu menjaga kesehatan generasi yang akan datang dengan membiasakan mereka mengkonsumi olahan makanan sehat sejak dini
  • Menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit

Kandungan Gizi dalam Olahan Makanan Sehat

Telur sebagai sumber protein (sumber: pexels.com)

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai olahan makanan sehat yang dapat dikonsumsi sebagai cara menjaga kekebalan tubuh. Olahan makanan sehat ini adalah makanan yang mengandung:

  • Protein, sebagai sumber energi, mendukung fungsi kognitif, dan menjaga mood
  • Karbohidrat, khususnya yang berasal dari sayur, buah, dan whole grainsebagai sumber utama energi.
  • Kalsium, untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, mencegah osteoporosis, mencegah kecemasan, depresi, dan susah tidur.
  • Serat, untuk menjaga sistem pencernaan, menurunkan resiko serangan jantung, serta diabetes. Sumber serat utama adalah buah dan sayur yang harus dikonsumsi setiap hari sebagai cara menjaga kekebalan tubuh.
  • Ragam vitamin. Salah satu vitamin yang paling dikenal adalah vitamin C yang dipercaya sangat ampuh sebagai cara menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang flu.
  • Konsumsi lemak sehat seperti omega 3 dapat membantu menjaga kesehatan hati dan otak.

Konsumsi Makan Sehat dengan Mudah dan Nikmat

Ada berbagai cara mengkonsumsi olahan makanan sehat dengan mudah, nikmat dan tidak membosankan seperti:

  • Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang penuh warna. Nikmati cara menjaga kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi sayur dan buah beraneka warna seperti jeruk, tomat, pisang, brokoli, dan pepaya.
  • Alternatif sumber makanan sehat. Bila sebelumnya Anda hanya mengandalkan susu sapi sebagai sumber kalsium, ganti dengan makanan lain seperti yoghurt, keju, atau mungkin susu kambing
  • Olah makanan dengan cara yang berbeda. Bila selama ini Anda selalu mengolah makanan dengan cara digoreng atau direbus, coba cara lain seperti dengan cara dibakar, dikukus, atau dipanggang.
  • Padukan sayur-sayuran dengan aneka ragam bumbu seperti bumbu kacang. Nah, salah satu makanan khas asli Indonesia adalah pecel dan gado-gado yang terbuat dari aneka sayur seperti kacang panjang, bayam, ketimun, dan tomat dengan campuran bumbu kacang dan lontong yang lezat. Aneka sayuran hijau didalamnya mengandung serat yang baik untuk pecernaan serta vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Pecel ini dapat dinikmati dengan atau tanpa lontong sehingga membuatnya menjadi alternatif sehat bagi mereka yang sedang diet dan mengurangi konsumsi nasi.

Selain itu, pastikan Anda juga mengonsumsi makanan yang mengandung rempah-rempah.

Tentu Anda sudah tahu bukan? Bahwa selain sayuran, rempah-rempah juga memiliki kandungan yang bernutrisi untuk kesehatan dan kebugaran. Tidak heran jika rempah-rempah dijadikan sebagai bahan utama untuk mengolah jamu bahkan bumbu masakan. Selain menghasilkan wangi yang sedap, rempah-rempah juga digunakan sebagai penyedap rasa bahkan sebagai obat. Yuk! Kita simak secara singkat rempah-rempah apa yang mungkin Anda gunakan untuk membuat makanan sehat.

  1. Bawang
    Banyak nutrisi yang terdapat pada bawang putih dan merah yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Sebagian orang percaya bahwa dengan mengonsumsi bawang putih mampu menangkal pilek, radang, hingga batuk. Bahkan ada juga yang menyangka bahwa bawang merupakan rempah-rempah yang mampu mengendalikan tekanan darah.
  2. Kunyit
    Selain sebagai bumbu masakan, kunyit dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan bahkan meredakan sakit akibat menstruasi. Kandungan kurkumin yang ada dalam kunyit dianggap bisa mengurangi rasa mual pada perut. Tak hanya dari sisi kesehatan, kunyit juga memiliki manfaat bagi kecantikan, diantaranya mampu menghilangkan komedo membandal pada wajah.
  3. Kayu Manis

Kebanyakan ibu-ibu, pasti sudah cukup tahu dengan rempah-rempah yang berasal dari pohon keluarga cinnamomum. Kayu manis memiliki kandungan karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin b, vitamin k, fosfor, dan lainnya. Selain bisa menurunkan kadar gula pada tubuh. Kayu manis yang kaya akan antioksidan juga mampu melindungi diri dari kerusakan oksidatif yang diakibatkan karena adanya radikal bebas.

  1. Jahe
    Selain sebagai rempah-rempah pada masakan, jahe juga dikenal sebagai salah satu rempah yang bisa menghangatkan tubuh. Sama seperti kunyit, jahe juga berfungsi untuk mengurangi mual dan melancarkan pencernaan. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mengonsumsi jahe panas mampu menekan rasa kenyang di perut.

Dan kandungan rempah-rempah juga bisa Anda temukan dalam satu bumbu munik loh! Gunakan Bumbu Munik Pecel

Cara terbaik untuk menikmati olahan makanan sehat sebagai cara menjaga kekebalan tubuh adalah dengan memasaknya sendiri di rumah. Untuk membuat proses memasak lebih mudah, Anda dapat menggunakan bumbu praktis siap pakai dari Sarimunik. Salah satunya adalah bumbu pecel dan bumbu gado-gado siap pakai. Bumbu pecel Sarimunik memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi sebuah produk berkualitas seperti:

  • Praktis dan mudah digunakan, cukup dengan dicampur air panas, bumbu pecel Sarimunik siap disajikan
  • Terbuat dari bahan berkualitas untuk menjamin rasa
  • Tidak butuh bumbu tambahan
  • Tersedia dalam 2 pilihan ukuran yaitu ukuran kecil 200 gr dan ukuran besar 1 kg untuk memudahkan Anda memasak untuk berbagai keperluan baik untuk memasak setiap hari ataupun untuk acara besar
  • Tahan lama
  • Higienis dan halal sebagai bagian komitmen Sarimunik untuk menyajikan produk terbaik bagi masyarakat Indonesia

Ternyata cara menjaga kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi olahan makanan sehat sangat mudah untuk dilakukan. Sarimunik dengan berbagai produk bumbu praktis siap pakai seperti bumbu pecel dan bumbu gado-gado siap membantu Anda menyajikan makanan sehat nan lezat untuk seluruh anggota keluarga setiap hari dengan mudah.